AKADEMIK

Program Studi Arsitektur Lanskap ITERA menyelenggarakan program jenjang pendidikan S1 (Sarjana) dibawah Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, dimana kelak para lulusan Program Studi Arsitektur Lanskap ITERA akan mendapatkan gelar S.Ars.L. (Sarjana Arsitektur Lanskap). Program Studi Arsitektur Lanskap ITERA memiliki Akreditasi BAIK yang berlaku selama periode tahun 2021 – 2025.

Pada Tahun Akademik 2019/2020, Prodi Arsitektur Lanskap memiliki 64 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa. Seluruh mahasiswa baru Prodi Arsitektur Lanskap ITERA mengikuti program TPB (Tahap Persiapan Bersama) di tahun pertama. Pada program TPB, mahasiswa dituntut untuk memiliki wawasan dan pemahaman yang baik mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi dasar. Mahasiswa baru PS ARL juga mengikuti program PPLK yakni Program Pengenalan Lingkungan Kampus di awal masuk ITERA, hal ini juga berlaku dengan mahasiswa baru dari prodi lainnya. Mahasiswa baru PS ARL juga diwajibkan untuk tinggal diasrama ITERA, terutama mahasiswa yang kurang mampu atau mahasiswa yang diprioritaskan untuk tinggal di asrama. Selama tinggal di asrama, mahasiswa akan mendapatkan berbagai program pengembangan karakter.

Pada masa TPB ini mahasiswa baru PS ARL mendapatkan program pendidikan pengetahuan dasar dan ilmu murni serta pengetahuan dasar yang berkaitan dengan PS ARL. Terkait pengetahuan dasar dalam keilmuan Arsitektur Lanskap, pada semester 1 mahasiwa baru PS ARL mendapatkan Mata Kuliah (MK) Pengantar Arsitektur Lanskap, Botani dalam Lanskap, dan Teknik Presentasi Arsitektur Lanskap. Pada semester 2, mahasiswa mengikuti MK Pengantar Ekologi Lanskap, Pengantar Klimatologi, Pengantar Geologi dan Tanah, Pengantar Hidrologi, dan Komputer Grafik Arsitektur Lanskap 1. Pada saat ini, mahasiswa baru angkatan pertama baru saja menyelesaikan semester 2. Terkait Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat pada dasarnya mahasiswa baru belum dapat melaksanakannya secara mandiri. Namun, pada semester 2 mahasiswa mulai diikutkan/dilibatkan dalam program penelitian dan pengabdian dosen. Pada program ini, mahasiswa tidak dibebankan untuk mengerjakan hal yang belum mereka ketahui atau pahami. Mahasiswa dilibatkan pada proses pengumpulan data/ survey dengan sebelumnya diberikan pengarahan. Beberapa mahasiswa baru PS ARL juga dilibatkan pada teknis pengerjaan desain sederhana, terutama mahasiswa yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya saat di SMK jurusan Bangunan misalnya. Pelibatan mahasiswa dalam program penelitian dan pengabdian masyarakat ini diharapkan akan semakin menambah pengalaman teknis dan lapang selain teori yang diajarkan di kelas perkuliahan.

Pada Tahun Akademik 2020/2021, Prodi Arsitektur Lanskap memiliki 160 mahasiswa yang terdiri dari 99 mahasiswa TPB dan 61 mahasiswa prodi.