KEMAHASISWAAN

Program Studi Arsitektur Lanskap ITERA memiliki sebuah lembaga kemahasiswaan yakni Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap DARPATERA atau disingkat HIMARSKAP Darpatera. Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap DARPATERA terdiri dari bebrapa bidang yang mempunyai program kerja dan diharapkan dapat mewadahi seluruh aktifitas mahasiswa di lingkungan kampus. Bidang-bidang serta program kerjanya secara singkat dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut :

  • Bidang Akademik. Meliputi akumulasi data mata kuliah, buku baik baik berupa e-book atau secara fisik, asisten mahasiswa dan pengadaan tutor pembelajaran.
  • Bidang Minat dan Bakat, meliputi pengaktifan dan pengembangkan prestasi mahasiswa/i Arl diluar kemampuan akademik, serta mengadakan kegiatan dibidang olahraga dan seni budaya mahasiswa/i Arl.
  • Bidang Internal, meliputi fasilitasi hubungan antar pengurus-anggota, antar sesama anggota, sekaligus mempererat dan menjaga kekeluargaan di lingkungan himpunan.
  • Bidang Eksternal, meliputi fasilitasi hubungan yang baik dengan berbagai pihak, khususnya organisasi kemahasiswaan dari universitas lain serta membawa dan meningkatkan nama baik himpunan dengan mengikuti berbagai kegiatan eksternal.
  • Bidang Kewirausahaan, meliputi pengkoordiniran usaha pengumpulan dana diluar iuran wajib anggota, membuat perencanaan untuk mencari dana , mengadakan kegiatan danusan makanan dan minuman ringan, dll.
  • Bidang Media Komunikasi dan Informasi, meliputi penyaluran seluruh informasi baik kedalam himpunan maupun keluar himpunan serta melakukan serangkaian kegiatan mulai dari desain, publikasi, dan dokumentasi.
  • Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, meliputi pendisiplinan mahasiswa/i agar lebih teratur, menjaga dan menertibkan di saat suatu kegiatan dilaksanakan, serta sebagai konselor yang membimbing mahasiswa/i mengarah ke dalam bentuk kerja yang telah di buat yang dimana pembentukan karakter di utamakan  serta menjadi pendengar yang baik. menyimpulkan permasalahan dan memberikan solusi.
  • Bidang Kastrat dan Pengembangan Organisasi, meliputi pengelolaan yang mewadahi anggota di bidang kajian yang terjadi di himpunan, KM Itera, serta lingkungan di luar kampus Itera dan mengembangkan himpunan menjadi lebih baik lagi. Dalam masa persiapan dan pembangunan himpunan, maka kajian akan dilakukan seputar internal himpunan dan pengembangan organisasi agar menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, adapun kegiatan-kegiatan lainya yang cakupannya diluar program kerja HIMARSKAP DARPATERA, namun masih dalam lingkup yang membutuhkan persetujuan untuk dapat dilaksanakan oleh HIMARSKAP DARPATERA. Kepanitian serta anggota segala kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota HIMARSKAP DARPATERA sehingga terbentuknya suatu kerjasama dan rasa kekeluargaan di antara mahasiswa. Secara garis besar, HIMARSKAP DARPATERA mempunyai visi dan misi untuk membangun dan mengembangkan segala potensi yang ada di lingkungan kampus ITERA. Agar tercipta stabilitas kampus yang dinamis, sehingga tujuan akhir dari HIMARSKAP DARPATERA adalah menjadikan Arsitektur Lanskap  menjadi jurusan terkemuka dan dapat dikenal di lingkungan perguruan tinggi nasional.