Mahasiswa Arsitektur Lanskap Berpartisipasi dalam Seminar Nasional Kota Berkelanjutan Kedua (SNKB 2021)

Mahasiswa Arsitektur Lanskap Berpartisipasi dalam Seminar Nasional Kota Berkelanjutan Kedua (SNKB 2021)

Program Studi Arsitektur Lanskap ITERA berkesempatan berpartisipasi dalam acara Seminar Nasional yang diselenggarakan Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan Universitas Trisakti dengan mengirimkan 2 perwakilan mahasiswa. Peserta Seminar Nasional Kota Berkelanjutan Kedua (SNKB 2021) yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2021 secara daring melalui platform zoom ini merupakan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (FPALI) dan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) diantaranya Universitas Trisakti, Universitas Udayana (Unud), Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), Universitas Pancabudi, Universitas Tribuwanatunggadewi (Unitri), Universitas Insan Cendekia Mandiri (UICM), Intitut Teknologi Sumatera (Itera) dan President University dengan total jumlah artikel yang dipresentasikan sebanyak 40 judul artikel.

Ayu nur Jannah, salah satu mahasiswa perwakilan prodi bimbingan Dosen Arsitektur Lanskap Itera Eduwin Eko Franjaya, S.P., M.Si. mempresentasikan ‘Desain taman edukasi berbasis budaya Lampung di kawasan pendidikan yayasan Al-Kautsar Kota Bandar Lampung’ yang berisi mengenai analisis dan rancangan siteplan kawasan pendidikan Yayasan Al-Kautsar Kota Bandar Lampung dengan mengambil ciri budaya khas Provinsi Lampung dan mengaplikasikannya ke dalam konsep dan perancangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan perencanaan dan perancangan arsitektur lanskap.

Selain Ayu, mahasiswa perwakilan prodi lainnya yaitu Rayhan Fadillah yang dibimbing oleh Dosen Arsitektur Lanskap Rian Adetiya Pratiwi, S.P., M.Si. membawakan materi presentasi ‘Konsep Desain Urban Farming Guna Memaksimalkan Fungsi Lahan Melalui Program Communal Garden pada Masyarakat Perumahan Way Halim Bandar Lampung’.

“Acara yang diselenggarakan sangat menarik karena menjadi forum untuk berbagi, bertukar informasi dan mendiskusikan gagasan, pemikiran, konsep, pengalaman, dan regulasi dalam mendukung terwujudnya pembangunan kota yang berkelanjutan, dari para akademisi, peneliti, praktisi, pembuat kebijakan, serta kalangan swasta. Selain itu melatih kemampuan dalam menulis artikel ilmiah, yang bermanfaat dalam dunia perkuliahan.” tutur Ayu membagikan kesan setelah mengikuti acara tersebut.